Friday, August 7, 2009

Mesin buat miru di Kamasetra, ada gak??

Pernah denger istilah miru gak? Itu tuh, kalo kain jarik sebelum dipake kadang kan musti ada yang diwiru. Nha, paling lama dan memang sangat memakan waktu, gawean ngeset kostum di Kamasetra (salah satu UKM di kampus yang aku ikutin) yaitu miru jarik.

Wiru Jarik atau kain maksudnya yaitu dengan cara mewiru (meripel) pinggiran yang vertikal atau salah satu sisi jarik. Wiru atau wiron (rimple) diperoleh dengan cara melipat-lipat. Artinya yaitu bahwa jarik tidak bisa lepas dari wiru, dimaksudkan wiwiren ojo nganti kleru, kerjakan segala hal jangan sampai keliru agar bisa menumbuhkan suasana yang menyenangkan dan harmonis (dari salah satu sumber sih gitu filosofinya).

Lha, bwat acara di UII minggu depan, ada beberapa kostum yang musti diset. Intinya ada sekitar 17 jarik yang musti diwiru,,,waduww….duww..duww…
Aku sendiri blum lama bisa melakukan hal itu, dan hasilnya juga blum perfect banget, suwwii maneh. Tapi yo piye maneh, tuntutan profesi (maksuteee??)
Dan di sela-sela melakukan lipatan-lipatan itu, aku ma temen yang ngeset yaitu koor sie dimana aku bernaung (ujan kaleee…bernaung) mencetuskan ide nyleneh untuk mengajukan proposal bwat mesin pemiru. Hohooho.. emang ono po mesin pemiru?? (Ono ora sieh?? Bagi yang taw, contact me yaw!). Kalo misalnya gak ada, itu adalah kesempatan untuk membuat sebuah penemuan hal baru, wkakakakakakkk….sangadh nyleneh. Tapi njut di tengah ketidakmungkinan itu, muncullah berbagai ide lainnya untuk buat wiru permanen dengan jalan disetrika ataw dicatok (tapi yo nek kobong trus piye jal?).

Yowislah, akhire yo muk ngomyang rajelas tok. Tetap sajja rutinitas itu dilakukan dengan cara primitif yaitu dilipet satu-satu, digulung-gulung pake tangan, digenggem yang kenceng, dst. Suwwi lah…

Ada yang taw gak cara sih lebih cepet dan lebih modern bwat nglakuin hal itu?? Nek misale muk sekali miru, njut jarike dinggo terus ra dikumbah-kumbah yo mambu je (kepaksanya yo gitu, hahahaha...).

2 comments:

  1. Mbak jaritan to?Loh foto jaritan hasil karya wiru sendiri mana nie?rapi gak?hehe

    ReplyDelete
  2. weww,,siapa ni?? Laen kali kasih nama ya kalau comment, biar enak manggilnya juga :)

    Heehee..akoe gak jaritan, itu pas bantu2 di UKM kampus, yang make orang lain, yang miru akoe (???maklum, gak bisa nari, bisanya ya cuma miru).

    Hasil karya akoe yo masih amburadul,hehehe..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...