Sunday, August 2, 2009

7 hal yang Jogja banget

Pagi-pagi suara radio langsung nyambet masuk ruang dengarku (24jam ditemani radio euy). Inget topiknya jadi kepikiran maw ngebahasnya di sini. Topik pagi itu sih tentang: menurut kamu, apa sih yang merupakan khas Jogja ataw Jogja banget?. Banyak para pendengar yang ngasih berbagai jawaban. Kebanyakan dari mereka ngejawab tugu , malioboro, etc. Kalo di postingan kali ni, aku mau ngebahasnya menurut versi aku sndiri (bikin rating ndiri, haghaghaghag…glek, ups, kesedek). Di versi aku, yang menurutku Jogja banget yaitu:

1.Gudeg. Hahahaha…keliatan banget ni kalo doyan makan, jadi pikirannya pertama kali ya tentang makanan. Eitzz, tapi gak salah kan?. Pastinya gudeg tu Jogja banget lah, selain di Jogja emang di mana lagi hayo?? Gak salah deh pokoknya kalo aku tempatin di urutan pertama.

2.Angkringan. Hehehe…kuliner lagi niee. Di daerah luar Jogja sebenernya ada juga sih kuliner tipe-tipe angkringan gini, tapi kalo di Jogja terkenal banget. Di setiap sudut pasti ada, jadi dijamin deh gak bakal menderita kalo lagi kelaperan.

3.Kraton. Meskipun aku lum pernah berkunjung ke kraton solo, tapi aku yakin pasti kalo yang di Jogja ni istimewa banget. Mulai dari bangunannya yang masih kokoh berdiri, tempat-tempat di dalem dan sekitarnya juga masih bisa dinikmati keindahannya.

4.Malioboro. Wuezz, ngejual banget dah ni nama. Begitu orang nyebut malioboro, pasti langsung tercetus nama Jogja. Yang dulunya cuman Pasar Beringharjo aja, sekarang trus berjajar deh pertokoan ke arah utara smpe mentok ke rel kereta.

5.UGM. Kayak berkhianat ni ma kampus ndiri, hehehe…jadi inget dulu pas aku gak ketrima di kampus ini (tapi syukur banget dah dulu gak ketrima, tanya kenapa??hoho..). Ni kampus terkesan Jogja banget salah satunya karena Jogja terkenal dengan julukan kota pelajar.

6.Tugu Jogja. Sebagian pengunjung atau wisatawan beranggapan bahwa belom brarti ke Jogja kalo blum nyentuh Tugu Jogja. Padahal aku yang Jogja asli banget lum pernah sekalipun nyentuh tu landmark (mesakke tenan).

7.Murah. Ni pendapat kebanyakan dari temenku yang pada ngekos di Jogja, terutama yang dari arah-arah barat Jogja. Murah baik itu murah dalam artian biaya hidup buat makannya, juga termasuk orang-orang Jogja yang murah senyum alias ramah.

Emm…palagi ya…Segitu aja dulu deh peringkat 7 besar tentang hal-hal yang Jogja banget. Kalo menurut kalian apalagi??

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...