Sunday, August 9, 2009

Insomnia

Gerimis datang musnahlah gersang
ku tetap terjaga, aku tetap terjaga
Habis terkuras kelenjar air mata
ku tetap terjaga, aku tetap terjaga…..
insomnia…….


Tuh tadi sepenggal lirik lagu “insomnia” dari ERK (band favorit aku nie). Lirik tadi akhir-akhir ini sering keinget gara-gara aku (dan beberapa temanku) beberapa hari ni mengalami gejala susah tidur ataw istilah yang lebih beken disebut insomnia. Gak taw kenapa udah hampir seminggu aku jadi susah kalo maw memejamkan mata pas waktunya tidur (giliran bukan waktunya tidur, gampang banget, haghaghag….). Kalopun dah bisa tidur sekitar jam 2an, ntar bangun jam 4an, abis subuh maw tidur lagi gak bisa, sianknya baru deh berasa ngantuk en pedes matanya. Mungkin kasusnya di aku bukan masalah sulit tidur ataw insomnia kali ya, cuma karena pola tidur yang salah aja deh.

Tapi, mungkin sebagian besar dari kamu yang sedang mencari-cari sumber tentang insomnia lewat mbah google, and finally you arrive at this page (halah, maksa banget ya), pasti lagi mengalami gejala insomnia (hehehe…bener gak?).
Bagi kamu yang memang (ataw baru ngira-ngira aja) menderita insomnia alias susah tidur, disini aku maw berbagi tips yang udah aku temuin dan beberapa tips pendukung yang bisa dilakuin.

Insomnia sebenere suatu keadaan yang mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Biasanya, gejala seperti ini lebih sering terjadi pada perempuan (mungkin karena perempuan terlalu banyak mikir kali ya) dan meningkat seiring dengan bertambahnya usia (note: insomnia dapat menyerang semua golongan usia).

Penyebab insomnia bermacam-macam, ada yang karena gangguan fisik maupun psikis. Alasan fisik yaitu disebabkan menderita penyakit tertentu misalnya asma, rematik, demam, maag, penyakit ginjal dan thyroid (kalo penyakit lapar termasuk gak ya?cuz kalo tengah malem aku sering kelaperan je). Sedangkan alasan psikis juga bermacam-macam misalnya sedang mengalami stress karena masalah tertentu dalam keluarga, pacar, kuliah, atau pekerjaan, lingkungan yang bising dan tidak mendukung untuk tidur, kebiasaan minum kopi waktu malam, mikirin utang (bagi yang tukang ngutang ;p), takut ma hantu, takut gak bisa liat hari esok lagi, takut diculik alien pas tidur (emang ada??), en bla bla bla…

Kalo aku ndiri sih biasanya susah tidur kalo malem gara-gara sianknya kebanyakan tidur (hohohoho…benar-benar pola tidur yang salah) ataw gara-gara minum kopi sebelum tidur (udah taw maw tidur, eh malah minum kopi, aneh).

Next, here I’ll give you some tips to reach your deep sleep. Beberapa tips mungkin gak cocok bagi sebagian orang karena ya emang kondisi orang kan beda-beda.

1. Olahraga teratur. Dengan berolah raga teratur tiap pagi hari, kesehatan menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik. Jadi, stress tidak akan mengganggumu lagi terutama saat menjelang tidur. Waduwhh, nek aku yo blas raiso. Sepertinya istilah olahraga hanya aku kenal saat aku masih muda dulu (saat masih ada mata pelajaran penjaskes, hagagaga…).

2. Kurangi konsumsi makanan yang banyak sebelum tidur dan jangan minum kopi menjelang malam hari. Kalo emang butuh minuman buat ngangetin badan, ganti kopi dengan susu hangat. Aku ndiri sih udah pernah nyoba minum susu, tapi yo tetep wae tidak bertahan lama kebiasaan itu aku lakukan.

3. Atur pola tidur yang tepat, bangun dan tidur pada waktunya, jangan kebanyakan tidur siang meskipun lagi liburan. Pola tidur yang salah bisa menyebabkan kamu susah tidur waktu malem. Hedeuhh…kayaknya bakal berat deh buat aku, terutama waktu liburan kayak gini. Malem begadang terus siy..

4. Mandi dengan air hangat sebelum tidur. Emmmm….aku sih lum pernah nyoba yang satu ini, tapi banyak sumber yang nyaranin gitu. Mungkin tujuannya biar capek bisa ilang, badan jadi gak tegang lagi, jadi cepet terangsang tidur gitu, cuz bagi orang yang udah kecapekan pasti gak bisa tidur gara-gara ngrasain kaki yang pegel-pegel. Alternatif lain kalo gak maw mandi malem-malem, sebelum tidur kamu bisa ngrendem kaki kamu di air hangat buat ngilangin pegel-pegelnya.

5. Tidur di lingkungan yang nyaman, cukup cahaya, gak bising, udara cukup. Lampu yang redup biasanya makin cepet mengantarkan kamu buat tidur.

6. Ndengerin musik yang slow aja. Bagi kebanyakan orang mungkin gak suka ya tidur sambil ndengerin radio ataw ndengerin musik, tapi kalo aku malah gak bisa tidur tanpa ndengerin musik. Jadi ya coba aja deh dengerin musik-musik yang slow dengan volume yang lirih aja en kalo bisa pake timer biar gak boros energi.

7. Jangan gunain hape (sms-an ataw telponan ataw nge-game ataw apalah) sebelum tidur, cuz tu bisa buat kepala kamu pusink en makin gak bisa tidur. Dan jangan taruh tu hape di deket kamu ataw malahan di bawah bantal (inget postinganku tentang cellphone addiction yaw. Tapi nek diriku yo malah sebaliknya ni, hmmm…payah).

8. Buat pikiran kamu jadi senyaman mungkin dan tawakkal apapun yang terjadi. Lupain sejenak masalah-masalah yang ada, lupain semua kekhawatiran yang menganggu pikiranmu.

9. Berdoa sebelum tidur. Selain membantu biar cepet tidur, ni juga bisa membantu kamu buat menyamankan pikiran kamu dan menghindarkan kamu dari mimpi buruk juga.

Tuh tadi some tips yang bisa kamu coba (termasuk aku ndiri yang sedang berusaha). Insomnia tu sebenere bukan penyakit, tapi cuma gejala ataw gangguan susah tidur aja. Jadi, pasti bisa diilangin ataw disembuhin. Jika suatu malam kamu emang bener-bener udah mentok banget gak bisa tidur, gunain aja bwat ngerjain hal-hal yang bermanfaat. Nek aku yo paling onlen, ngobrol ma sesama temen yang gak bisa tidur, tapi yo kui maw, paginya pasti bakal pedes matanya en badan capek mua, hohohoho….

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...