Wednesday, July 15, 2009

Jogja lagi,,lagi lagi Jogja

Jogja…Jogja…dan Jogja. Postingan kali ni aq maw bahas dikit tentang Jogja punya. I hope that it'll be useful for you. Kalo misalnya gak b’manfaat ya.. just skip it lah, hehe…If you find any confusing thing, don’t be shy to ask me anything(bagi sesama jogjanese, kalo ada something yang salah, mohon koreksinya yaw!) Thank you, enjoy reading every line. Let’s share because the world is wide.

Yogyakarta or most people call it Jogjakarta (Jogja) is a small city located on Java island. It’s a very cozy place where I’ve been living here for almost 21 years. After years, I realize that my city has many interesting places you should know.

As visitors, what would you do in jogja??Pertama kali berkunjung ke Jogja, tempat-tempat apa saja yang menarik untuk dikunjungi?? Here I offer you some places you can visit.

1. Kraton (Jogja Palace). Tempat ini merupakan tempat bersejarah di Jogja yang pertama kali musti kamu kunjungi. Di sini kamu bisa liat peninggalan-peninggalan masa lalu. Ada 3 pintu masuk menuju kraton, yang mana setiap pintu menuju area yang berbeda-beda, sehingga jika kamu ingin melihat-lihat isi kraton seluruhnya, ya harus masuk lewat masing-masing ketiga pintu itu. Sebagai saran saja, jika kamu tidak punya banyak waktu untuk menjelajahi keseluruhan isi kraton, lebih baik pilih yang pintu masuk dari sebelah bagian barat kraton saja. Dari bagian ini, kamu akan ditarik tiket @ Rp 5000,00. Kemudian di dalam bisa liat langsung para niyaga (penabuh gamelan) yang sedang memainkan gamelan, ada museum batik juga, museum Hamengku Buwono IX, dll.


plataran




plataran




atap museum HB IX



meja kerja HB IX


2. Taman Sari (Water Castle). Tidak jauh dari kraton, sekitar 15 menit jalan kaki, terdapat sebuah obyek wisata yang tidak kalah menarik. Obyek wisata Taman Sari merupakan pemandian keluarga kraton pada masa lalu. Selain tempat pemandian yang kini sudah direnovasi sedemikian cantiknya, terdapat juga Sumur Gumuling yang dulunya merupakan tempat untuk sholat berjamaah. Kemudian ada juga sisa-sisa reruntuhan Pulau Cemeti di mana kalau sore hari banyak anak-anak muda “nongkrong” di tempat ini untuk melihat pemandangan Jogja dari atas.



3. Pantai Parangtritis. Terletak di bagian selatan Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Bantul. Selain dapat menikmati pemandangan pantai parangtritis, kita juga dapat menikmati aneka sea food di Pantai Depok, sekitar 15menit ke arah barat dari Pantai Parangtritis. Di pantai Parangtritis, kita bisa menikmati pemandangan pantai sambil berkeliling dengan menyewa dokar atau kuda. Bahkan kini sudah ada persewaan ATV juga.




4. Malioboro. Tentu saja belum terasa lengkap bila datang ke Jogja tanpa sempat mampir ke Malioboro. Kawasan sepanjang jalan di sebelah selatan Tugu Jogja ini menawarkan cara lain untuk berbelanja. Pengunjung dimanjakan dengan berbagai penawaran dagangan yang sebagian besar merupakan hasil karya masyarakat Jogja, mulai dari berbagai ragam souvenir, batik, tas, sandal, dll. Bagi para pengunjung, hendaknya harus pintar dalam menawar saat membeli di kawasan Malioboro ini, jangan ragu untuk menawar sampai setengah harga dari harga yang ditawarkan.

Tuh tadi cuman sekelumit tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi (hehe, maksa banget ya). Masih banyak lagi tempat-tempat di Jogja yang tak kalah menarik untuk dikunjungi, misalnya tempat wisata Candi Prambanan, gerabah Kasongan, Kaliurang, kawasan wisata Pantai Baron, Kotagede kota perak, wisata kuliner Gudeg Wijilan, dll.
If you need information ‘bout some tourist places in Jogja, just call me. Have nice dayz in Jogja. I guarantee that u’ll never have boring dayz during your vacation in Jogja, pleasurable hearted city. Welcome to Jogja :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...