Thursday, September 17, 2009

The Last Warrior

Udah sekitar satu tahunan babeku mlihara ayam di samping rumah, and the cage looks so messy. Since the first time, I didn’t agree with my father’s idea. Jadi ya aku tidak begitu sukarela untuk setiap saat nengokin kandang ayam, ngasih makan 3 kali sehari ( you know what??!! My very very beloved big huge father always feeds the chickens three times a day!! Haduhh babe…., itu ayam kampong bisa nyari makan ndiri kaleee,,,aku aja makan lom tentu tiga kali sehari,,ayam malah lebih diperhatiin, anakmu iki lho mbok dikon maem, nganti kurus kering tinggal tulang doank).


Tapi ya begitulah babe, tiap malem udah nyiapin bekatul campur nasi sisa, dimasak trus dikasih ke ayam paginya. Awalnya mlihara ayam sih cuman modal 1 babon doank ma 1 jago, tu aja dapet waktu nikahannya mbakquw. Lama kelamaan, tu ayam udah beranak pinak smpe bejiiiiibuunn, dan aku makin setres melihat perkembangan itu. Bukan karena gak suka ma binatang atau gak mau ngurusin tu ayam-ayam sih, tapi….hedeuhhh…cukup deh aku ngurusin tuh kotoran ayam tiap sore yang selalu mengotori teras depan (tiap sore nyapu teras selalu disambut dengan kotoran ayam yang berserakan,,,hihhh dasar ayam tak tau kebersihan).

Kadang tu para ayam juga suka mojok di depan teras, hellloooo guys….u have had a special place beside the house called a cage to do your ‘cornered’. Emang payah tu ayam, mojok je dho milih pethangkringan ning teras, elit tenan og. Jadi ya kalo aku turun tangan ngurusin ayam cuma kalo babe lagi ke luar kota atau lagi ada acara mpe malem, dan aku pun harus dengan rela pas jam 5an ngider-ngider ngumpulin ayam bwat digiring masuk kandang (bayangpun, aku petantang petenteng nggowo uthik, kar kur kar kur, nggoleki pitik-pitik cik mbuh aku yo rareti ndi wae pitike, ngadepi babon cik galak, hedeuhhh…


Dan masanya pun tiba, hahahahahaha…(uwh, kejam sekalee aku ini). Tragedi itu sangat mendadak terjadi, ayam-ayam mati massal!! Busettt dah. Tapi gak barengan gitu matinya, one by one gitu teparnya, ada yang sekarat di kandang, di jalan, di depan rumah, ada yang gak balik entah mati dimana, anywhere anyplace lah. Kira-kira jumlah total ayam yang kembali padaNya ada sekitar 20an. Daripada ntar mati semua, beberapa ayam pun dijual. Akhirnya tinggal satu babon yang tersisa dan beberapa ayam yang masih kecil.

Lhah si babon inilah yang aku julukin the last warrior, wuezzzz segitunya. Nha, sebenere aku agak seneng juga ada tragedy itu (hehehe,,padahal babeku mesti sedih skalee..), tapi ternyata nggak berenti sampe di situ ni ayam menyiksaku. Si last warrior ini kan critanya dikarantina ma babe, lha njut tempat special karantinanya ntu di garasi, right under my bedroom's window!! Payah, tiap malem tidurku pun terganggu denger tu ayam petok-petok gak karuan. Hadohhhh …..rasanya hidupku dikuntit ayam mulu….

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...